Pages - Menu

Saturday 15 August 2015

Posong, Pos Kosong di Kaki Gunung Sindoro


Posong, mungkin banyak yang belum tahu mengenai tempat ini. Posong merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, tepatnya di lereng Gunung Sindoro. Posong berasal dari pos sing kosong (dalam bahasa Jawa, yang berarti pos yang sudah kosong). Konon, dahulu Posong ini merupakan salah satu pos gerilya yang didirikan Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda. Pos ini diduga mempunyai peranan yang penting dalam pergerakan Pangeran Diponegoro, sehingga Belanda mencoba untuk menyerang pos ini. Namun, apa yang diduga, saat Belanda berhasil mengepung pos ini, mereka menjumpai pos ini kosong dan sudah ditinggalkan Pangeran Diponegoro beserta pasukannya. Dari situlah, kata Posong berasal. Ternyata unik juga ya. :))
Menikmati sunrise dengan hamparan tanaman tembakau
Posong menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah karena dari sini kita dapat melihat keindahan tujuh puncak gunung sekaligus, yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan Muria, dengan latar belakang Gunung Sindoro. Posong juga menyuguhkan sunrise yang istimewa. Kita dapat melihat momen matahari terbit dari sini, disertai hamparan "taman" awan dengan pemandangan tujuh gunung yang berdiri dengan kokohnya. Pemandangan malam pun tidak kalah indah, kita bisa melihat dan menikmati Milky Way dengan jelas dari sini.
Gunung Merapi, Merbabu mengintip di balik Gunung Sumbing
Latar belakang Posong berupa Gunung Sindoro nan kokoh

Salah satu gardu pandang, dengan latar belakang Gunung Sindoro
Uniknya, untuk mencapai objek wisata ini yang terletak di ketinggian 2.000 mdpl ini, kita tidak perlu melakukan trekking. Tempat ini dapat dijangkau dengan mudah dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini membuat tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga.
Wisatawan membutuhkan 15 menit perjalanan untuk mencapai tempat ini dari gerbang masuk tempat wisata. Namun sebelumnya, kita harus menempuh jalanan yang berliku dan berbatu. Perjalanan menuju Posong pun menyajikan pemandangan yang tidak kalah indahnya, yakni berupa hamparan kebun tanaman kopi dan tembakau.
Fasilitas yang tersedia di sini tergolong cukup lengkap. Di sini tersedia beberapa gardu pandang, musholla, tempat parkir mobil dan motor, kamar kecil atau pun warung untuk sekedar ngopi atau pun cemal-cemil. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kita hanya perlu membayar Rp 7.000,00/orang, yang dibayarkan saat memasuki gerbang masuk tempat wisata.
Berwisata alam ke Posong sebaiknya dilakukan di subuh hari (04.00 WIB), sebelum matahari terbit. Selain dapat melihat momen matahari terbit, datang lebih awal juga lebih mudahkan untuk mendapatkan tempat parkir. Jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian tebal karena udara di sini sangat dingin. Hindari datang ke sini ketika hari beranjak siang karena tempat ini akan tertutup kabut, sehingga kita tidak bisa mendapatkan pemandangan yang terbaik. Waktu yang tebaik untuk mengunjungi Posong adalah saat musim kemarau (April- Oktober).
Jika ingin berkemah, kita dapat menghubungi langsung pengelola tempat wisata. Tentunya, kita akan dikenakan biaya tambahan. Beberapa pengelola wisata sudah menyediakan paket wisata Posong, selain menyediakan home stay bagi wisatawan, kita pun dapat menikmati kegiatan outdoor lainnya seperti flying fox, outbound hingga trekking di sini.


Posong dengan segala pesona alamnya yang indah membuat Anda wajib memasukan Posong sebagai alternatif wisata Anda selanjutnya.
Beberapa foto yang sempat saya abadikan. Aslinya tentu jauh lebih indah. :))



#OOT
Selain untuk wisata keluarga, di sana juga enak buat pacaran kok... Ehheehhe... :)



Informasi:
Wisata Alam Posong
Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung

2 comments:

  1. Replies
    1. Iya Mba Titis. Tempatnya memang bagus dan relatif mudah terjangkau. :)

      Delete