Pages - Menu

Friday 6 November 2015

[Review] The Sunan Hotel Solo



Panas terik cuaca hari itu, menyambut kedatangan saya di Solo. Kebetulan saya naik travel dari Wonosobo dan turun di Terminal Tirtonadi. Rencananya hari ini saya akan menginap di The Sunan Hotel Solo. Itu pun karena kebetulan dapat voucher, jadi Alhamdulillah yah, lumayan lah ya satu hari merasakan menginap di hotel bintang 4. Hehehe.

Kebetulan pas banget dengan waktunya check in hotel. Niatnya si mau agak ngirit, tapi berhubung belum sempat browsing angkutan yang menuju hotel, jadinya saya memutuskan untuk menggunakan taksi. Awalnya mau naik becak, tapi kok ya kasian ya abang becaknya. Hahahaha. Ternyata jarak hotel tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 menit perjalanan dari Terminal Tirtonadi dengan jalanan yang tidak terlalu padat.

Lokasi
Halaman depan The Sunan Hotel Solo. Sumber


The Sunan Hotel Solo terletak di Jl. Ahmad Yani 40, Solo. Letak hotel ini cukup jauh dari pusat kota. Jarak antara hotel dengan Keraton Kasunanan Surakarta dan Pasar Klewer sekitar 4 km. Untuk mencapai pusat perbelanjaan terdekat, Solo Grand Mall maupun Solo Paragon Lifestyle Mall, memerlukan jarak tempuh sekitar 2 km. Sekitar 15 menit dibutuhkan untuk mencapai Bandara Adi Sumarmo dari hotel ini. Sebenarnya jarak ini bukan masalah besar, apalagi jika menggunakan mobil. Taksi pun bisa dapat ditemukan dengan mudahnya di sekitar hotel. Mungkin yang menjadi catatan, daerah sekitar hotel ini cukup sepi. Tidak banyak pilihan tempat makan maupun hiburan di sekitar hotel, apalagi yang buka hingga tengah malam.


Suasana lobi The Sunan Hotel Solo
Seseorang doorman menyambut ramah ketika taksi yang saya naiki berhenti di bagian depan hotel. Kesan mewah terlintas pertama kali saat melihat hotel ini. Besar ya ternyata. :))
Saya pun diantarkan menuju front office untuk melakukan registrasi. Seorang wanita ramah dengan senyum manis membantu proses check in saya kala itu. Sambil menunggu proses tersebut, saya sempat mengitari lobi hotel. Lobi hotel terkesan mewah. Berbagai ornamen khas Solo menghiasi beberapa sudut lobi. Proses check in di sini tergolong cepat, tidak bertele-tele dan tanpa deposit uang juga. Setelah mendapat kamar, saya segera menuju lantai 6 tempat kamar saya berada.

Kamar Hotel 

The Sunan Hotel Solo memiliki beberapa tipe kamar. Selain Deluxe, di sini ada Executive Business, Junior Suites, Sunan Suites hingga President Suite Room. Setidaknya ada sekitar 204 kamar di hotel ini. Ya iyalah, dari luar saja, hotel ini sudah terlihat besar. :)
Saya ternyata mendapat sebuah non smoking deluxe room yang terletak di lantai 6 hotel. Sesuai dengan permintaan saya yang saya ajukan sebelumnya. Alhamdulillah :)

Kamar yang saya tempati berukuran luas dengan sebuah tempat tidur berukuran King Size. Ada gulingnya lagi :). Jarang sekali hotel yang menyediakan bantal lengkap dengan gulingnya sekalian. Bagian lantai kamar menggunakan karpet. Ini yang saya suka, biar anget-anget gimana gitu :).  Interior terlihat simpel, namun tetap elegan. Saat tirai kamar dibuka, ternyata kamar saya mendapat view kolam renang hotel. Lumayan bener nih. :))


Springbed ukuran King Size yang nyaman
Fasilitas di dalam kamar tidak banyak berbeda dengan hotel lainnya, antara lain ada kulkas, tv dengan channel berbayar, kettle dengan segala complimentnya, lemari, safe deposit box, dll. Kamar ini menggunakan central air conditioner. Dinginnya bisa diatur sesuai selera. Kebersihan kamar yang saya dapat cukup baik. Nilai tambahan bagi hotel ini karena menyediakan directory of service yang sangat membantu.

Kebahagiaan bertambah saat saya tahu kalau kamar mandi ber-bathtub. Kamar mandinya tergolong luas dibandingkan dengan hotel lain yang pernah saya datangi, sekitar 4 x 3 meter. Kamar mandi dilengkapi hairdryer, shower dan bathtub, tentunya dengan fasilitas air hangat. Setelah dicek, semua perlengkapan kamar mandi dalam kondisi baik dan tidak ada masalah yang berarti. Bahaya nih, mandinya bisa tambah lama.
Ada bathtub-nya ternyata :)

Setelah cek sana sini. Lihat sana, lihat sini. Kini, saatnya merebahkan diri. Mandi, berendam dan istirahat sebentar, sebelum nanti keliling Solo lagi. :))

Malam tadi, tidur sangat pulas. Ntah, mungkin karena kecapaian atau memang kamarnya yang nyaman. Bangun-bangun dengan perut yang keroncongan. Rasa lapar menambah semangat badan ini untuk segera beranjak dari tempat tidur dan segera mencari pertolongan. Syukurlah, fasilitas kamar saya sudah sekaligus dengan breakfastnya, jadi gak usah repot kemana-mana. Sekalian mencoba breakfast di hotel ini yang menurut kabar burung enak dan komplit.

Sarapan


Narendra Resto. Sumber traveloka
Setelah mandi dan dandan-dandan ganteng, sekitar jam setengah delapan pagi, saya turun ke lobi hotel. Kebetulan memang tempat breakfast berada di dekat lobi, tepatnya di Narendra Resto.
Saat tiba di sana, beberapa pengunjung hotel nampak sedang menikmati sarapan. Sarapan mulai tersedia pukul 06.00-10.00 WIB. Tempatnya luas, meja dan kursi yang tersedia banyak, tinggal pilih mau makan di dalam atau duduk di luar dekat kolam renang. Pilihan sarapan juga sangat lengkap, mulai menu buffet, english breakfast, omelet, salad, sushi, dan sebagainya. Mau makanan Indonesia, barat, maupun Asia semuanya ada di sini. Mulai dari appetizer hingga dessert ada lengkap di sini, tinggal makan saja. Tidak ketinggalan pula jajanan pasar, wedangan hingga makanan berat khas Solo tentunya.

Sebuah meja dengan pandangan langsung ke kolam renang, menjadi pilihan saya pagi itu. Tak lupa secangkir kopi hangat menemani santap pagi saya. Setelah mencicipi makanannya, tenyata benar-benar memuaskan. Makanannya enak-enak semua. Kan enak kalau gini, jadi betah lama-lama di sini. :)) *nyobain satu-satu* #ngunyahngunyah

#perutkenyanghatisenang
Sudah kenyang perut ini, kini saatnya untuk bersantai dan menikmati fasilitas yang ada di sini.

Fasilitas Hotel
Kolam renang ukuran semi olympic. Sumber traveloka
Selama menginap di sini, kita dapat menikmati fasilitas wifi hotel secara gratis. Untuk kecepatannya si lumayan lah, gak terlalu cepat, tapi ya gak buruk amat. Ada beberapa restaurant yang bisa menjadi pilihan di sini, antara lain Narendra Resto, Imperial Taste dan Coffee Lounge. Fasilitas lainnya seperti spa, fitness center dan kolam renang juga tersedia di sini. Kolam renang berukuran semi olympic, terletak di belakang hotel dan dilengkapi dengan pool bar. Sayang, selama di sini belum sempat mencicipi kolam renangnya. :(
Untuk ukuran hotel bintang 4, fasilitas di sini sangatlah lengkap dan semuanya dapat digunakan. Di sini kita tidak perlu pusing dengan parkir karena tempat yang disediakan untuk parkir cukup luas. Oh iya fasilitas ATM juga di bagian depan hotel. Jadi, tidak perlu repot, jika ingin menarik uang tunai.



Suasana sekitar hotel. Nyaman dan adem :)
Harga
Kalau masalah harga mah relatif ya. Kalau di cek di beberapa situs booking hotel, range kamar berkisar Rp. 500.000,00 hingga Rp. 600.000,00 untuk sebuah kamar deluxe dengan sarapan. Untuk sebuah kamar executive berkisar Rp 700.000-an. Sedangkan untuk tipe kamar lainnya, bisa dipesan langsung melalui situs The Sunan Hotel Solo.

Tak terasa waktu sudah menjelang siang hari, saatnya untuk check out. Prosesnya pun juga tidak perlu lama-lama dan gak ribet. Lumayan ya berkesempatan menginap di The Hotel Sunan Solo, walaupun cuman sehari. Semoga bisa menginap di sini lagi. :)

Kesimpulan

Lokasi                   3/5
Kenyamanan         4/5
Pelayanan             4/5
Kebersihan           4/5
Makanan             4,5/5
Harga                  3,5/5

Pengalaman menyenangkan selama menginap di The Sunan Hotel Solo, hotel bintang 4 dengan segala fasilitasnya. Pelayanan yang baik dengan respon yang cepat. Kebersihan kamar pun tidak dilupakan. Sarapan yang lengkap dan enak menjadi nilai tambah dari hotel ini. Sayangnya, letaknya agak jauh dari pusat kota dan sekitar hotel cukup sepi. Harganya cukup mahal, namun sesuai dengan kenyamanan yang didapat. Hotel ini bisa menjadi pilihan menginap jika Anda mengunjungi Kota Solo.

Jika ingin melihat review lainnya mengenai The Sunan Hotel Solo, bisa lihat di sini.


The Sunan Hotel Solo
Jl. Ahmad Yani 40, Solo 57143, Jawa Tengah
Telp (62-271)731 312
Email : info@thesunanhotelsolo.com
Website The Sunan Hotel Solo









3 comments:

  1. untuk masalah fasilitas, maka ya... harganya memang relitf aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, fasilitasnya lengkap. Harga relatif terjangkau dibanding hotel lain dikelasnya.

      Delete
  2. Deluxe room ajah ada bathtubnya... mau dong.. hehe

    ReplyDelete